Lomba Cerdas Cermat Virtual

Lomba Cerdas Cermat Virtual

Tema “Ekonomi dan Keuangan Digital Menuju Indonesia Maju”

Peserta : 24 regu/sekolah dengan artikel dan video terbaik versi juri. Satu tim terdiri atas dua orang.

Waktu Pelaksanaan : 27 Januari – 2 Februari 2021 secara bertahap dimulai babak penyisihan, semifinal, hingga babak final (2 Februari 2021).

Babak Penyisihan : Diikuti 24 tim yang dibagi dalam 8 sesi lomba. Satu sesi diikuti tiga tim.

Babak Semifinal : Diikuti 8 tim juara di babak penyisihan. Lomba digelar dalam dua sesi, satu sesi diikuti 4 tim.

Babak Final : Diikuti empat tim terbaik ke-1 dan ke-2 pada babak semifinal.

 

TEKNIS PELAKSANAAN LOMBA

  1. Cerdas cermat virtual dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom. Para peserta tetap berada di tempat asal mereka untuk bisa mengikuti cerdas cermat ini.
  2. Saat perlombaan yang masuk Zoom meeting hanya pihak terkait yaitu peserta lomba, host/MC, dan juri. Sedangkan penonton/pendukung bisa menyaksikan perlombaan secara live streaming melalui akun Youtube SoloposTV.
  3. Peserta lomba cerdas cermat virtual harus bisa memastikan koneksi Internet mereka berkualitas bagus agar bisa lancar mengikuti perlombaan.
  4. Cerdas cermat virtual dimulai dari tahap penyisihan yang diikuti 24 tim. Sebanyak 24 tim dibagi/berkompetisi di 8 sesi lomba. Di tiap sesi penyisihan ada 3 kelompok yang berkompetisi yaitu kelompok A, B, C. Pemenang di tiap sesi babak penyisihan akan maju ke tahap berikutnya atau babak semifinal.
  5. Babak semifinal diikuti 8 tim juara di babak penyisihan. Delapan tim tersebut berkompetisi dalam dua sesi lomba, masing-masing diikuti 4 tim.
  6. Babak final diikuti 4 tim juara ke-1 dan ke-2 di dua sesi babak semifinal.
  7. Dalam babak penyisihan ada pertanyaan wajib yang harus dijawab tiap kelompok. Kemudian ada pertanyaan rebutan. Dalam pertanyaan rebutan ini yang tercepat tunjuk jari akan berkesempatan menjawab. Khusus babak final ada sesi pertanyaan tantangan.
  8. Pertanyaan wajib dimulai berurutan dari regu A, B, C, D.
  9. Dalam pertanyaan wajib, peserta/regu memiliki waktu untuk menjawab pertanyaan maksimal 5 detik setelah pertanyaan selesai dibacakan.
  10. Ada 10 soal pertanyaan wajib untuk tiap regu. Setiap jawaban benar mendapatkan nilai 10. Jika jawaban salah mendapatkan nilai 0.
  11. Saat pertanyaan rebutan, masing-masing regu adu cepat tunjuk tangan ke layar untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan.
  12. Dalam pertanyaan rebutan, bila pernyataan belum selesai dibacakan MC, regu yang sudah tunjuk tangan wajib menjawab maksimal 5 detik. Bila jawaban salah, host akan melanjutkan pembacaan soal dan bisa dijawab oleh regu lain. Bila jawaban dari regu lain kembali salah, pertanyaan akan disetop dan dilanjutkan ke pertanyaan lain.
  13. Ada 15 pertanyaan rebutan dalam babak penyisihan. Jawaban benar akan mendapatkan nilai 10 poin dan jika salah nilai dikurangi 5.
  14. Pada babak final pertandingan meliputi pertanyaan wajib, rebutan, dan tantangan. Pertanyaan wajib dan tantangan seperti saat babak penyisihan.
  15. Pertanyaan tantangan, masing-masing tim akan memilih amplop tertutup berisi pernyataan dan diminta untuk menjawab apakah pernyataan tersebut–BENAR atau SALAH. Jawaban peserta yang benar mendapatkan nilai 25 poin. Jika salah akan dikurangi 10 poin.
  16. Peserta yang mendapatkan jatah pertanyaan tantangan wajib menjawab pertanyaan dalam lima detik. Pertanyaan tantangan tidak bisa direbut/dilempar ke regu lain.

 

Antisipasi Kecurangan

  • Setiap peserta diberi durasi waktu terbatas untuk menjawab pertanyaan. Durasi pendek akan menyulitkan peserta untuk mendapat bantuan dari pihak lain.
  • Setiap regu wajib masuk zoom dengan dua akun. Satu akun akan digunakan untuk menyorot peserta dari depan, satu akun untuk menyorot dari belakang.
  • Dua akun zoom ini terhubung dengan kamera smartphone masing-masing tim dengan posisi di depan dan belakang peserta untuk memantau ada tidaknya pihak lain yang membantu memberi jawaban kepada peserta.
  • Panitia menyiapkan tim pengawas yang bertugas memantau akun zoom yang terkoneksi dengan dua kamera peserta.